Pentingya pengenalan komputer pada anak usia dini - Computerized

Pentingya pengenalan komputer pada anak usia dini - Pembelajaran Komputer itu Penting, Pendidikan anak umur dini yang baik dan tepat dibutuhkan anak untuk hadapi jaman depan. Terlebih pembelajaran tersebut menyangkut tentang pengenalan computer sejak umur dini ini yang terlalu di rekomendasikan gara-gara bersama teknologi yang serba canggih pada waktu saat ini ini bermacam Info dunia sanggup di akses lewat tangan kita. begitu termasuk bersama anak-anak sebagai penerus generasi bangsa kami yang butuh pengenalan computer sejak dinilah yang paling tepat di ajarkan. Salah satu tugas perlu yang kudu dikerjakan oleh pendidik anak umur dini adalah mempersiapkan anak didik sehingga sanggup hidup di jaman depan bersama lebih baik. Diperkirakan pada jaman depan nanti pemanfaatan teknologi dapat jadi mendominasi kehidupan kita. Untuk itu semenjak dini pendidik kudu mengenalkan teknologi tersebut kepada anak didik Karena penguasaan teknologi dimasa depan dapat pilih kejayaan sebuah bangsa. Begitulah pesan yang disampaikan oleh Profesor Sandralyn Byrnes, Australia’s & International Teacher of the Year waktu seminar kecil di acara Giggle Playgroup Day 2011, gelaran Miniapolis & Giggle Management, Jumat, 11 Februari 2011 lalu. Usia tiga dan empat th. adalah umur yang siap untuk mengeksplorasi computer (Haugland, 2000). Mereka butuh banyak waktu untuk bereksperimen dan eksplorasi. Pada mulanya anak-anak pakai computer bersama dukungan orang dewasa. Mereka lebih perhatian, lebih minat dan menyusut frustasinya disaat orang dewasa tersedia bersamanya. Selanjutnya dukungan dan supervisi orang dewasa menjadi minimal gara-gara mereka sudah sanggup mengoperasikan komputer

Penelitian menyatakan bahwa bagi anak umur 3 dan 4 tahun, computer punyai faedah dalam mempertinggi kreativitas, intelegensia, keterampilan nonverbal, pengetahuan struktural, ingatan jangka panjang, kecekatan tangan, keterampilan verbal, penyelesaian masalah abstraksi, keterampilan konseptual dan harga diri. Sedangkan untuk anak taman kanan-kanan dan SD awal adalah menaikkan keterampilan motorik, mempertinggi berpikir matematis, menaikkan kreativitas, skor tes yang tinggi pada berpikir kronis dan penyelesaian masalah, effectance motivation –keyakinan bahwa mereka sanggup merubah atau merubah lingkungan mereka, dan juga menaikkan skor penilaian bahasa (Haugland, 2000).
Untuk memperkuat kesimpulan bahwa anak umur dini kudu sekali belajar computer sejak dini sanggup kami lihat berasal dari analisa Dr. Glenn Doman di mana dalam bukunya yang berjudul How to Multiply Your Child’s Intelligence menyatakan bahwa : ‘Semua bayi dalam pertumbuhan seterusnya dapat ditentukan pada umur enam th. pertama berasal dari hidupnya.”
Dalam penelitiannya, Doman mendapatkan bahwa beberapa besar anak belajar salah satu umur 1 hingga 6 th. bersama menyerap segala suatu hal yang diajarkan kepada mereka. Pengajaran yang diperoleh anak pada umur ini dapat pilih nilai-nilai atau keterampilan yang dapat mereka punyai di jaman mendatang. Berdasarkan atas penemuan di atas, adalah perlu bagi kami untuk memperkenalkan anak-anak kepada computer disaat mereka masih dini, misalkan disaat mereka masih berusia 18 bulan. Tetapi pada umur ini, mereka masih belum sanggup pakai komputer. Di atas umur 18 bulan, anak–anak masih coba menguasai pertumbuhan keterampilan fisik dasar layaknya merangkak,berjalan dan berbicara. Kita hanya sanggup mengimbuhkan pengenalan kepada mereka hingga sejauh penglihatan dan perasaan tentang komputer. Dengan demikian kami sanggup menanamkan benih perhatian pertama dalam anggapan anak-anak.
Komputer punyai pengaruh bagi anak disaat Komputer mengimbuhkan pengalaman konkret, anak-anak bebas pakai dan mengontrol pengalaman belajar tersebut, anak dan guru belajar bersama, guru mendorong pengajaran kawan sebaya dan guru pakai computer untuk mengajarkan gagasan-gagasan yang terlalu kuat. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa computer punyai faedah bagi pengembangan potensi anak umur dini. Tidak tersedia salahnya jika computer menjadi tidak benar satu alternative –tanpa mengesampingkan bahan-bahan tradisional lainnya—dalam pendidikan anak umur dini. Karena umur dini merupakan umur kronis untuk mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki anak sehingga kudu difasilitasi sehingga memperoleh hasil yang optimal.
Salah satu karakteristik perlu pada anak umur dini adalah rasa keingintahuan yang terlalu besar. Seringkali mereka banyak menanyakan untuk jelas banyak hal yang menarik bagi mereka. Sebagai pendidik kami tidak boleh jenuh bersama banyak pertanyaan yang mereka ajukan. Terlebih jika hal-hal yang mereka menginginkan ketahui termasuk hal yang baru untuk mereka. Karena proses belajar pada hakikatnya diawali bersama rasa menginginkan jelas yang tersedia dalam diri seseorang. Tanpa ada rasa menginginkan tahu, seseorang tidak dapat dulu tertarik untuk belajar. Dan pengalaman belajar dapat terlalu berkesan jika anak melakukan langsung (hand on). Ajaklah anak untuk mengamati, lihat dan menyentuh langsung obyek yang dapat dipelajari. Untuk itu pasti saja guru kudu sediakan perangkat computer sebagai fasilitas pembelajaran.
Pembelajaran tentang teknologi computer pada anak umur dini dikerjakan hanya cuman mengenal perangkat computer sebagai teknologi yang sanggup menopang pekerjaan manusia. Anak umur dini kudu jelas potensi yang sanggup dimanfaatkan oleh perangkat computer yang memudahkan kerja kami semua. Penjelasan tentang teknologi computer ini hendaknya dikerjakan dalam keadaan mengasyikkan dan bersama bahasa yang sederhana pula. Pengenalan potensi computer untuk pembelajaran anak umur dini sanggup dikerjakan lewat kesibukan pembelajaran berupa menggambar dan bernyanyi. Misalnya bersama program aplikasi Power Point guru sanggup mengajak anak untuk menggambar obyek dan mewarnainya. Ajaklah anak untuk belajar menggeser mouse, menggambar dan mewarnainya. Hasil pekerjaan anak dapat terlihat pada layar monitor. Anak sanggup mem-print out hasilnya dan menyimpannya sebagai dokumen portofolio

Dengan potensi multimedia yang dimiliki computer termasuk sanggup digunakan untuk memainkan program musik dan mengiringi anak-anak bernyanyi. Disamping itu guru termasuk sanggup mengajak anak untuk memutar film-film pendidikan.Hal ini pasti saja cocok bersama karakteristik pertumbuhan anak umur dini yang berada dalam tahapan praoperasional di mana anak belum sanggup berpikir secara abstrak. Dengan pemanfaatan bermacam program aplikasi secara tepat dapat sanggup menopang anak jelas materi belajar bersama lebih baik. Misalnya dalam pengenalan huruf dan angka, guru sanggup pakai program power point untuk merancang pembelajaran. Sebagai sebuah teknologi, pemanfaatan computer untuk keperluan pembelajaran sudah pasti punyai berlebihan dan termasuk keterbatasan.

Adapun berlebihan computer sebagai fasilitas untuk belajar antara lain :
  • Siswa sanggup mengontrol kesibukan belajarnya sendiri
  • Program computer sanggup mencatat secara otomatis prestasi dan hasil belajar siswa
  • Dapat digunakan untuk mengelola Info yang sudah diperoleh lewat sebuah proses belajar
  • Memberikan pengalaman belajar yang variatif
  • Melatih kapabilitas individu untuk berpikir secara logis dan sistematis

Adapun keterbatasan computer adalah sebagai berikut :
  •  Hanya efisien untuk digunakan dalam mencapai tujuan pembelajaran kognitif atau kapabilitas intelektual
  •  Penggunaannya berupa individual. 

Kegiatan pembelajaran bersama computer tidak cukup mengimbuhkan 
kesempatan kepada siswa untuk melakukan jalinan sosial. Interaksi yangmungkin dikerjakan bersama pakai computer adalah jalinan secara virtual atau maya. Dalam mengenalkan computer sebagai fasilitas pembelajaran guru kudu jelas hal ini, sehingga guru sanggup pakai potensi program computer secara optimal dan menanggulangi hambatan-hambatan yang mungkin terjadi.

Cara Pengenalan Komputer Anak Usia Dini

Langkah awal dalam mengenalkan computer pada anak umur dini sanggup diawali bersama menceritakan tentang faedah dan kontribusi computer pada kehidupan manusia. Komputer digunakan untuk menopang banyak tugas dan pekerjaan manusia. Contoh yang sanggup di sampaikan jikalau :

1) Pengatur lantas lintas hawa di bandara pakai computer untuk mengatur jadwal penerbangannya.
2) Penggunaan computer termasuk berpengaruh pada komunikasi yang meliputi berbicara, membaca dan menulis. Sikap positif dan meningkatnya jalinan sosial mengarahkan pada peningkatan pemanfaatan bahasa
3) Dokter pakai computer untuk menopang memeriksa/mendiagnosa keadaan pasien
4) Perusahaan percetakan pakai computer untuk mengatur tata letak berita dan ilustrasi yang terkandung dalam koran atau majalah
5) Pelajar dan mahasiswa pakai computer untuk mengetik, mencari dan memperoleh Info dan juga merampungkan tugas-tugas sekolah
6) Perkantoran pakai computer untuk mengakibatkan administrasi
7) Komputer bersama kapabilitas multimedia sanggup menampilkan Info secara nyata yang sanggup dimanfaatkan sebagai fasilitas hiburan. Misalnya untuk mendengarkan musik, memirsa film, bermain game dan sebagainya
8) Dengan teknologi yang tersedia pada computer manusia sanggup mengakses secara luas bersama seluruh jaringan yang tersedia di dunia. Jaringan komunikasi tersebut adalah internet.

Cara kerja baru bersama computer dapat menghidupkan semangat anak dalam belajar. Mereka terlihat antusia, punyai rasa menginginkan tahu, gembira, lebih aktif, positif dan konsentrasi yang lebih tinggi. Pada beberapa penelitian menyatakan bahwa bekerja bersama computer menghasilkan sikap positif pada menulis, komitkmen yang kuar pada pembelajaran dan sikap yang baik pada guru. Hal ini menjadi bukti bahwa bersama computer sikap pada pembelajaran jadi tinggi. Hal lain yang terjadi, yaitu mempertinggi effectance motivation yaitu suatu tingkatan di mana seorang anak menginginkan mengontrol atau merubah lingkungannya. Keingginan tersebut pasti saja perihal bersama sikap dan harga diri. Secara teori, usaha untuk merubah atau merampungkan masalah menuntun pada internalisasi proses penghargaan diri dan kepada pertumbuhan kompetensi, di mana merubah orientasi motivasional anak. Lingkungan computer memberi peluang untuk mengeksplorasi dan penguasaan dan ini berkontribusi pada peningkatan effectance motivation dan persepsi diri. Selengkapnya Klik Disini.

0 Response to "Pentingya pengenalan komputer pada anak usia dini - Computerized"

Post a Comment